Rabu, 18 November 2009

Peranan Wanita Shalihah

Rasulullah saw bersabda,” Kejahatan satu orang wanita jahat adalah setara dengan kejahatan seribu orang laki-laki. Kebaikan satu orang wanita yang sholihah adalah seperti amalannya tujuh puluh ( 70 ) orang-orang shiddiqin.” ( HR Abu Syaikh ).

Alim ulama mengatakan bahwa ‘Shiddiqin’ adalah derajat para wali Allah. Hal ini menunjukkan ketinggian derajat seorang wanita shalihah. Kaum wanita memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap roda kehidupan dunia ini, bahkan terhadap kaum laki-laki sekalipun.

Syaikh Ibrahim Ali mengatakan bahwa seorang wanita jika sudah dominan dalam kehidupan pria, maka ia akan menjadi buah hati dan ruhnya, bahkan ia akan menjadi segenap badan dan perasaan pria. Semua tindakan kebaikan atau kejahatan yang dilakukan seorang pria, adalah karena dorongan dari wanita.

Pikiran dan amalan para wanita muslimah ikut serta berhembus dengan angin, mengalir dengan air, menyatu dengan tanah, tanpa memerlukan kendaraan untuk membawanya, tanpa memerlukan tenaga untuk mengangkutnya. Kebaikankah yang akan merebak, ataukah kejahatan, semua bergantung kepada amalan para wanita.

Selanjutnya beliau mengatakan, bahwa banyak ulama dan para tokoh jika tergoda oleh wanita, maka rusaklah perjalanan hidupnya. Hal itu bukan disebabkan karena kepandaian wanita lebih jauh dan lebih luas daripada laki-laki, tetapi karena kekuatan ghaib titipan Allah yang menjelma menjadi daya tarik dan pesona wanitalah yang mampu menggoncang pria.

Namun demikian, meskipun kaum wanita juga dikatakan sebagai fitnah, tetapi kata fitnah ini harus diartikan dengan maksud positif. Peringatan Allah agar berwaspada terhadap fitnah yang ditimbulkan kaum wanita, sama seperti peringatannya terhadap fitnah harta dan anak-anak, tidak berarti semuanya buruk dan jahat. Namun sebagai ungkapan bahwa sikap yang berlebihan dalam menggantungkan diri pada semua itu bisa berpotensi mencapai suatu batas yang dapat menimbulkan fitnah, dan lupa diri dari dzikrullah.

Disebabkan karena kruang bergaungnya usaha dakwah sesuai dengan sunnah Rasulullah saw, maka nilai dan keutamaan wanita telah menjadi kabur, bahkan tidak sedikit kaum wanita yang telah diselewengkan syetan untuk menjadi pembantu-pembantunya dalam menyebarkan kemungkaran. Wanita telah dijauhkan dari nilai-nilai kemuliaan menuju ke arah derajat yang sangat rendah dan hina. Dan sangat sedikit di antara kaum wanita yang menyadari hakekat keutamaan yang ada pada diri mereka. Nabi saw bersabda,” Permisalan wanita shalihah dari kalangan para wanita adalah seperti burung gagak hitam yang salah satu kakinya berwarna putih.” ( HR Thabrani ).

Ungkapan ini bermakna, betapa sedikitnya wanita yang tergolong menjadi wanita shalihah. Hal ini dimaksudkan agar menjadi renungan dan penghisaban bagi kaum wanita atas keselamatan dirinya, sehingga akan berusaha dengan sekuat tenaga untuk mendapatkan kesempatan yang sedikit ini, tanpa ada rasa khawatir atau pesimis. Sebagaimana kisah Asiah istri Fir’aun. Di tengah-tengah kaum yang memusuhi Allah dan Rasul-Nya, ia tetap berpegang teguh kepada Allah SWT. Walaupun untuk menjaga keimanan tersebut, ia harus menerima kematian di tangan suaminya sendiri, yaitu Fir’aun La’natullah ‘alaih. Sehingga atas keteguhannya itu, Rasulullah saw bersabda bahwa wanita yang terbak dan paling sempurna adalah Asiah istri Fir’aun dan Maryam a.s. Bahkan Ibnu Qurthubi rah.a. dan Hafizh Ibnu Hajar rah.a. menganggap bahwa mereka berdua adalah Nabiyullah.

1 komentar:

  1. MEGA MEGA DRIVE GAMING GAMES | Dr. Md
    MEGA DRIVE GAMING 계룡 출장안마 GAMES 강릉 출장안마 · 1. Double Diamond; 2. The 밀양 출장샵 Lion King; 3. 남원 출장마사지 Thunder Blade; 4. Thunder Force II; 5. Aladdin. The 광명 출장안마 Lion King · 6. Genie Gold.

    BalasHapus